Menilai Pemusatan Data dalam Penelitian

Beberapa jenis nilai gejala pemusatan data dalam penelitian yang sering digunakan ialah rata-rata (mean), median, dan modus. Ukuran-ukuran ini sering digunakan sebagai gambaran atau wakil data secara keseluruhan

Rata-rata (Mean)

Nilai tiga kali ulangan Matematika Randi adalah 10, 10, dan 7. Maka rata-rata (mean) tiga nilai adalah = 3

10 +10 + 7= 9

3

Jadi rata-rata = Jumlah Semua Nilai

Banyaknya Nilai

Rata-rata (mean) dari kumpulan nilai x1, x2, x3, … xn; adalah:

di mana x bar menyatakan rata-rata (mean), rerata atau rataan; n=banyak atau ukuran data; xi = nilai data yang ke-i; Σ (dibaca: sigma) yang menyatakan penjumlahan.

Median

Median adalah suatu nilai yang membagi data yang telah diurutkan menjadi dua bagian yang sama banyak. Jika banyaknya data (n) ganjil maka mediannya adalah nilai datum yang di tengah. Jika banyaknya data (n) genap maka mediannya adalah rata-rata dari dua nilai data yang di tengah.

Median dari data yang telah diurutkan: 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10 adalah 6. Banyaknya data adalah 9 (bilangan ganjil); sehingga mediannya adalah data ke-5. Sedangkan median dari data: 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11 adalah 6,5.

Modus

Modus dekat dengan kata ‘mode’. Jika dikatakan mode jilbab pada Januari 2009 adalah model Zaskia maka pada bulan tersebut jilbab model Zaskia adalah model yang paling sering ditemui. Dengan demikian, pada data: 2, 3, 3, 4, 5, 5, 5, 6, 7, 8, 9, 10; maka modusnya adalah 5. Mengapa modusnya = 5?

Jika sejauh ini anda merasa perlu jasa konsultasi, pembimbingan atau pendampingan secara pribadi dalam penulisan proposal atau laporan penelitian, anda bisa pelajari bagaimana saya bisa membantu anda dalam bentuk Layanan Konsultasi Penulisan atau klik di sini untuk menghubungi saya.
Advertisements

About cokroaminoto

Lahir di Pekalongan, 29 Nopember 1966. Berkeluarga, dengan 2 anak. Sejak SD hingga SLTA Kejuruan lulus di Pekalongan. Menjalani ikatan dinas dari Departemen Kesehatan sejak 1987 di Kebumen. Pada tahun 1996 menyelesaikan program sarjana FISIP, dan pada tahun 2001 lulus program pasca sarjana Manajemen Kesehatan di UGM Yogyakarta. Sejak itu, mulai tertarik pada wilayah kajian pengembangan kinerja (Walah, sok ilmiah..). Bukan apa-apa, karena dalam dunia kerja, apa lagi kerja di kantoran, persoalan kinerja menjadi biang keladi dan akar permasalahan utama. Bagaimana tidak, maju-mundurnya sebuah kantor, organisasi, bahkan dari sistem pemerintahan tergantung dari sini. Trus, dari mana harus mulai, faktor apa saja yang mempengaruhi, kendala apa saja yang biasa menghambat pengembangannya. Apa kita bisa memperbaikinya? Hal-hal inilah kemudian yang menjadi motivasi saya untuk membuat blog ini. Eh syukur menjadi tempat berbagi pendapat dan pengalaman. Amin
This entry was posted in statistik penelitian. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s