Identifikasi dan Perumusan Masalah Penelitian

Salah satu tugas peneliti yang sangat menentukan keberhasilan kegiatan penelitiannya adalah mengidentifikasi dan merumuskan masalah penelitan. Hal ini mengandung pengertian, bahwa rumusan masalah penelitian memiliki kedudukan yang sangat penting dalam membawa konsekuensi pada tahapan proses penelitian berikutnya.

Seorang peneliti yang tidak mengetahui secara pasti apa masalah penelitian yang dihadapi, sama halnya dengan orang yang tidaktahu tentang apa yang harus diperbuat. Karena rumusan masalah yang jelas dan tajam, akan membimbing penelitiiuntuk pengembangan tujuan, kerangka teoitik, perumusan hipotesis, identifikasi variable penelitian, pemilihan rancangan dan jenis penelitian.

Namun persoalan dasar, yang harus dimengerti adalah apa yang dimaksud dengan rumusan masalah penelitian, bagaimna cara mengidentifikasi dan merumuskan masalah penelitan, serta dari mana peneliti dapat memperoleh sumber-sumber permasalahan di bidang kesehatan.

Bagaimna masalah penelitian itu muncul? Permasalahan akan muncul jika ada kesenjangan antara teori (what should be) atau harapan dengan kenyataan yang dijumpai (what is)

Namun, tidak semua kesenjangan dapat dikembangkan menjadi permasalahan penelitian? Ternyata tidak semuanya. Ada kondisi-kondisi yang harus dipenuhi agar sebuah kesenjangan dapat dikembangkan menjadi permasalahan penelitian. Kondisi itu adalah:
Adanya kesenjangan antara kenyataan dengan teori atau hasil penelitian terdahulu
Dari kesenjangan itu dpt dikembangkan pertanyaan, mengapa kesenjangan itu terjadi.
Pertanyaan tersebut memungkinkan untuk dijawab, dan jawabannya lebih dari satu kemungkinan
Dengan demikian pengertian permasalahan penelitian adalah pertanyaan tentang situasi problematik yang timbul dari kesenjangan antara kenyataan dengan teori atau hasil penelitian terdahulu, yang memungkinkan untuk dijawab, dan jawabannya lebih dari satu.

Jika ada saran-saran silakan berikan komentar di akhir posting ini, atau jika ingin berdiskusi bisa kunjungi saya di Forum Membangun Kinerja Staff.

Jika artikel ini bermanfaat, silakan isikan alamat email anda untuk berlangganan:

Delivered by FeedBurner

Jika sejauh ini anda merasa perlu jasa konsultasi, pembimbingan atau pendampingan secara pribadi dalam penulisan proposal atau laporan penelitian, anda bisa pelajari bagaimana saya bisa membantu anda dalam bentuk Layanan Konsultasi Penulisan atau klik di sini untuk menghubungi saya.

Advertisements

About cokroaminoto

Lahir di Pekalongan, 29 Nopember 1966. Berkeluarga, dengan 2 anak. Sejak SD hingga SLTA Kejuruan lulus di Pekalongan. Menjalani ikatan dinas dari Departemen Kesehatan sejak 1987 di Kebumen. Pada tahun 1996 menyelesaikan program sarjana FISIP, dan pada tahun 2001 lulus program pasca sarjana Manajemen Kesehatan di UGM Yogyakarta. Sejak itu, mulai tertarik pada wilayah kajian pengembangan kinerja (Walah, sok ilmiah..). Bukan apa-apa, karena dalam dunia kerja, apa lagi kerja di kantoran, persoalan kinerja menjadi biang keladi dan akar permasalahan utama. Bagaimana tidak, maju-mundurnya sebuah kantor, organisasi, bahkan dari sistem pemerintahan tergantung dari sini. Trus, dari mana harus mulai, faktor apa saja yang mempengaruhi, kendala apa saja yang biasa menghambat pengembangannya. Apa kita bisa memperbaikinya? Hal-hal inilah kemudian yang menjadi motivasi saya untuk membuat blog ini. Eh syukur menjadi tempat berbagi pendapat dan pengalaman. Amin
This entry was posted in proposal penelitian, rumusan masalah. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s