Teknik penyajian data dengan narasi

Penyajian data dengan narasi mengandung pengertian bahwa hasil penelitian itu disampaikan menggunakan kalimat. Pada teknik ini, sangatlah penting penggunaan kalimat yang efektif serta ketepatan pemilihan diksi dan gaya bahasa. Untuk ini ada beberapa prinsip yang perlu diperhatikan:
Laporan penelitian merupakan jenis karya tulis ilmiah, sehingga gaya bahasanya harus resmi dengan aturan ejaan yang baku. Seperti penggunaan tanda baca, huruf besar dan cetak miring. Penulisan tanda baca selalu mengikuti/menyatu dengan kalimat sebelumnya, selanjutnya spasi huruf diikuti kalimat berikutnya.
Gunakan kalimat yang efektif. Kalimat efektif merupakan kalimat lengkap (minimal mengandung subyek dan predikat). Kalimat efektif terdiri 8-12 kata. Hindari penggunaan kalimat majemuk bertingkat.
Jika menggunakan kuotasi atau petikan langsung, lakukan menurut aturan dengan tanda baca yang sesuai. Penggunaan petikan dalam laporan penelitian biasanya mengikuti kaidah umum, yaitu (1) diawali dan diakhiri tanda kutip (2) spasi tunggal (3) dengan paragraf-indent menjorok ke dalam.
Penulisan kuotasi pada penelitian-penelitian kualitatif atau grounded-theory research, seperti pernyataan atau wawancara dengan responden harus dipilih secara seksama, atas dasar nilai penting/kebermaknaannya. Disebut penting jika kuotasi itu menunjukkan intensitas tinggi, konsistensi kuat, frekuensinya sering muncul di dalam situs penelitian.

Jika ada saran-saran silakan berikan komentar di akhir posting ini, atau jika ingin berdiskusi bisa kunjungi saya di Forum Membangun Kinerja Staff.

Jika artikel ini bermanfaat, silakan isikan alamat email anda untuk berlangganan:

Delivered by FeedBurner

Jika sejauh ini anda merasa perlu jasa konsultasi, pembimbingan atau pendampingan secara pribadi dalam penulisan proposal atau laporan penelitian, anda bisa pelajari bagaimana saya bisa membantu anda dalam bentuk Layanan Konsultasi Penulisan atau klik di sini untuk menghubungi saya.


Advertisements

About cokroaminoto

Lahir di Pekalongan, 29 Nopember 1966. Berkeluarga, dengan 2 anak. Sejak SD hingga SLTA Kejuruan lulus di Pekalongan. Menjalani ikatan dinas dari Departemen Kesehatan sejak 1987 di Kebumen. Pada tahun 1996 menyelesaikan program sarjana FISIP, dan pada tahun 2001 lulus program pasca sarjana Manajemen Kesehatan di UGM Yogyakarta. Sejak itu, mulai tertarik pada wilayah kajian pengembangan kinerja (Walah, sok ilmiah..). Bukan apa-apa, karena dalam dunia kerja, apa lagi kerja di kantoran, persoalan kinerja menjadi biang keladi dan akar permasalahan utama. Bagaimana tidak, maju-mundurnya sebuah kantor, organisasi, bahkan dari sistem pemerintahan tergantung dari sini. Trus, dari mana harus mulai, faktor apa saja yang mempengaruhi, kendala apa saja yang biasa menghambat pengembangannya. Apa kita bisa memperbaikinya? Hal-hal inilah kemudian yang menjadi motivasi saya untuk membuat blog ini. Eh syukur menjadi tempat berbagi pendapat dan pengalaman. Amin
This entry was posted in data, proposal penelitian. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s